Selasa, 31 Oktober 2017

Tips Traveling Saat Hamil

Traveling saat hamil? why not
Traveling saat hamil? why not
Hai Bunda - Kehamilan tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap wanita. Namun, terkadang kehamilan menjadi sebuah kendala bagi seorang wanita ketika mereka hendak bepergian.

Kamu harus mengikuti beberapa aturan yang tentunya membuat seorang wanita yang sedang hamil melakukan hal tersebut. Namun, tahukah Kamu bahwa masa kehamilan sekitar minggu ke-14 hingga ke-28 memang menjadi waktu yang terbaik untuk bepergian untuk ibu hamil.

Biasanya, ketika usia kehamilan memasuki 12 minggu pertama dan sudah memasuki minggu ke-36. Untuk itu, ketika ibu hamil sudah memasuki usia kehamilan 36 minggu disarankan untuk tidak bepergian terlalu jauh.

Hal ini dikarenakan bepergian terlalu jauh dapat membuat kehamilan sedikit beresiko. Sedangkan pada usia kehamilan yang masih muda dapat beresiko tingkat keguguran yang paling tinggi. Tentunya, resiko keguguran pada awal kehamilan kembali akan meningkat hingga akhir masa-masa kehamilan.

Namun, tidak setiap wanita yang hamil memiliki resiko yang tinggi pada kehamilannya ketika mereka bepergian. Kamu tentunya dapat tetap bepergian meskipun Kamu tengah hamil. Akan tetapi, Kamu tetap harus menjaga kehamilan dengan memperhatikan beberapa hal yang memang harus Kamu lakukan.

Jika Kamu memiliki berniat untuk melakukan perjalanan jauh meskipun Kamu sedang hamil. Ada baiknya Kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan Kamu. Dengan begitu, tenaga kesehatan akan memberikan saran yang terbaik bagi Kamu untuk melakukan dan tidak melakukan hal yang memang dilarang ketika bepergian pada ibu hamil.

Ketika hendak bepergian pastinya tim tenaga kesehatan akan memberikan arahan dan juga tempat tujuan yang memang sangat aman bagi ibu hamil.

Kamu tentunya tidak akan disarankan untuk berkunjung ke daerah dengan tingkat infeksi dan juga virus yang tinggi seperti area malaria.

Bepergian tentunya dapat dilakukan dengan melalui berbagai jenis kendaraan. Untuk itu, ketika bepergian, ada hal yang harus Kamu pertimbangkan yakni kendaraan apa yang akan Kamu gunakan.

Berikut beberapa mode transportasi yang dapat Kamu pertimbangkan dan juga diperhatikan ketika Kamu tengah hamil, diantaranya:

Bepergian Dengan Mobil

Memakai mobil untuk bepergian memang sudah tidak asing bagi kita. Berikut beberapa panduan yang dapat Kamu lakukan ketika bepergian dengan menggunakan mobil ketika sedang hamil, diantaranya:

1. Hindari menggunakan mobil seorang diri dalam jarak jauh. Kamu tentunya disarankan untuk pergi bersama pasangan dan juga teman Kamu.

2. Jaga supaya sirkulasi udara di dalam mobil tetap lancar

3. Kamu harus menggunakan sabun pengaman yang digunakan menyilang diantara tali bawah dan juga payudara

4. Sebelum melakukan perjalanan, Kamu dapat mencukupi kebutuhan air minum dan usahakan untuk membawa air minum dan juga makanan

5. Untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih, Kamu dapat turun dari kendaraan setidaknya dua jam sekali. Berjalan kaki dan juga buang air kecil dapat mengurangi tekanan pada kantung kemih.

Bepergian Dengan Pesawat

Selain menggunakan mobil, kendaraan yang biasa digunakan ialah pesawat. Berikut ini beberapa hal yang dapat Kamu lakukan dengan menggunakan pesawat, diantaranya:

1. Kamu dapat memeriksa kebijakan maskapai yang Kamu tumpangi apakah boleh atau tidak menampung wanita yang sedang hamil. Hal ini tentunya terkait dengan usia kehamilan pada wanita tersebut.

2. Saat memesan tempat duduk, Kamu dapat memesan tempat duduk yang paling nyaman. Kamu tentunya dapat memilih kursi yang dekat dengan lorong agar dapat mudah keluar masuk ke toilet.

3. Jika kehamilan usia 28 minggu, Kamu dimungkinkan untuk meminta surat keterangan dari dokter agar tidak mengambil resiko.

4. Kamu tentunya harus mengonsumsi air putih yang cukup. Ketika berada di kabin pesawat karena memungkinkan suhu di kabin pesawat menjadi lebih panas.

5. Agar kaki tidak bengkak, Kamu dapat menutup kaki dengan menggunakan kaos kaki panjang atau juga stocking.

6. Pastikan untuk memakai sabuk pengaman yang terpasang pada bagian perut bawah agar terjaga jika terjadi turbulensi.

7. Ketika naik pesawat, Kamu disarankan untuk melakukan gerakan badan setiap 30 menit agar peredaran darah menjadi lancar. Penerbangan lebih dari lima jam tentunya sangat beresiko mengalami pembekuan darah.

Namun, ada beberapa hal yang harus Kamu pertimbangkan ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat, diantaranya:

1. Bayi akan lahir prematur

2. Akan terjadi gangguan plasenta pada kandungan Kamu

3. Usia kehamilan telah mencapai usia 36 minggu disarankan untuk tidak bepergian menggunakan pesawat.

4. Berdasarkan riwayat kesehatan, banyak dokter yang tidak menyarankan Kamu untuk bepergian dengan menggunakan pesawat.

Bepergian Dengan Transportasi Laut

Bepergian dengan menggunakan transportasi laut memang terbilang aman, namun jika Kamu tengah hamil harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:

1. Periksa kebijakan transportasi laut terlebih dahulu apakah ada peraturan mengenai perlindungan wanita yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan ada beberapa perusahaan yang tidak membawa penumpang yang tengah hamil karena tidak ingin mengambil resiko yang cukup tinggi.
Apakah transportasi laut tersebut sudah menyediakan pelayanan medis selama dalam perjalanan, terutama untuk ibu hamil.

2. Sebaiknya, sediakan makanan ringan yang tidak berminyak karena dapat meredakan mual ataupun mabuk laut.

Tips Melakukan Perjalanan Aman Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil tentunya harus melakukan  beberapa tips ketika hendak melakukan perjalanan, diantaranya:

1. Jangan bepergian sendiri

2. Siapkan nomor telepon rumah sakit yangd apat Kamu hubungi secepat mungkin

3. Pastikan untuk menggunakan kendaraan yang nyaman dan juga aman selama melakukan perjalanan.

4. Sebaiknya, Kamu pilih kendaraan yang sudah teruji akan memberikan pelayanan yang maksimal.

5. Bawa selalu air putih dalam kemasan selama melakukan perjalanan. Tentunya, melakukan perjalanan harus memperhatikan asupan cairan di dalam tubuh.

6. Selalu siapkan bekal makanan sehat selama melakukan perjalanan.

7. Jangan mengonsumsi cemilan yang tidak sehat karena akan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.

8. Jangan membawa barang yang berlebihan dan nantikan akan menjadi beban bagi Kamu.

9. Perhatikan kondisi fisik Kamu ketika akan melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Meminimalisir resiko agar kehamilan Kamu tetap aman meski dengan melakukan perjalanan ialah sebuah keharusan bagi Kamu. Hal ini dikarenakan kehamilan Kamu memang sangat pentin, namun tentunya ada hal lain yang memang tidak dapat Kamu tinggalkan.

Selain hal di atas, Kamu dapat melakukan cara dan juga tips yang telah kami sebutkan di atas agar Kamu tetap melakukan perjalanan dengan aman dan juga menyenangkan.

Beberapa hal yang harus Kamu pertimbangkan tentunya menjadi sebuah PR besar bagi Kamu yang tengah hamil. Hal ini dikarenakan wanita yang tengah hamil memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil.

Itulah beberapa tips aman yang dapat Kamu lakukan ketika hendak bepergian terutama bagi wanita hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


   

About


Hai Bundaku adalah portal online yang memberikan tips kehamilan, menyusui, bayi, parenting, motherhood sekaligus tempat Bunda berbagi pengalaman.